Tips Cari Kerja

job hunting

Hari gini emang susah cari kerja. Banyak banget temen yang baru lulus atau sudah berpengelaman tapi mau pindah kerja mengeluh kalau cari kerja itu susah. Tapi disisi lain, gw juga merasa susah mencari partner bekerja di tim gw. Udah sekitar 2 bulan gw mencari orang untuk menempati 2 posisi kosong di tim gw. Udah lumayan banyak sih CV yang masuk, tapi setelah di tes dan dengan feeling gw entah kenapa enggak ada yang pas di hati. Karena gw selalu pake feeling untuk memilih partner susah senang dalam dunia kerja yang akan dialami bareng-bareng setiap hari. Jadi ya harus sejalan dan seirama dong? Nah, gw punya beberapa tips nih buat kalian yang mau mencoba melamar pekerjaan atau berniat untuk pindah kerja sesuai dengan pengalaman sebagai pencari partner kerja.

1. Contact and stay in touch with your network

Ini langkah pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu menghubungi orang-orang terdekat yang sudah bekerja, seperti teman, keluarga, atau temen nyokap bokap juga boleh banget. Kan silaturahmi itu membuka pintu rejeki, jadi perbanyaklah bertemu orang baru ataupun lama. Karena kita enggak tau rejeki kita ada dimana kalau enggak usaha.

2. Utilize social media

Ini tips jaman sekarang banget, semuanya udah serba gampang dan harus banget di manfaatin. Sekarang enggak cuma website yang pasang iklan-iklan lowongan  pekerjaan. Tapi social media kayak Facebook dan Twitter juga loh, jadi kamu harus cari tau alamat Facebook dan Twitter pusat informasi lowongan pekerjaan itu yang bisa dicari tahu lewat internet juga.

3. Follow Your Passion

Pilihlah pekerjaan yang emang passion kamu banget, bukan cuma sekedar karena gajinya gede, karena kerja itu harus dari hati. Secara itu adalah rutinitas yang harus kamu lakuin setiap harinya jadi pasti kamu akan ngerasa tertekan kalau kerjaan itu bukan sesuatu yang kamu suka, tapi sebaliknya, walaupun kerjaan itu berat banget, kalau kita enjoy pasti tetep happy dijalanin. Jadi intinya cari kerjaan yang emang kamu idam-idamkan.

4. Be Your Self

Ini point penting menurut gw, why? karena kita enggak bisa jadi orang lain selama bertahun-tahun atau ya minimal beberapa bulan setiap hari dikantorkan? Jadi, waktu interview jangan cuma ngebual dan kasih harapan palsu sama calon bos. Kamu harus bisa kasih tau nilai positif kamu tanpa meniadakan sisi negatif dalam diri kamu. Malah lebih bagus kalau kamu bisa menceritakan impian kamu dan apa yang akan kamu lakukan dengan jabatan yang kamu lamar itu (ini cita-cita, bukan khayalan, apalagi bualan).

5. Find Out About The Company

Ini yang sering disepelekan orang, melamar pekerjaan sama aja kayak melamar anak orang enggak sih? *berhubung perempuan dan belom dilamar jadi gw enggak paham. Oke, intinya kamu harus tau perusahaan itu bergerak dibidang apa, karakternya gimana, anak perusahaannya apa aja, bahkan founder atau direktur utamanya kalo bisa kamu juga mesti tau, secara sekarang cari apa juga bisa lewat mbah google kan? Apa lagi didunia gw (media) kamu harus banget tau karakteristik media itu. Jadi kalau ngelamar jadi designer waktu di tes paham mau buat design kayak gimana, kalau mau jadi writer langsung ngerti gaya penulisannya gimana, kalau mau jadi AE atau Promosi udah tau siapa bayangan client yang akan di todong iklan atau udah tau mau buat konsep event kayak gimana.
6. Nah yang terakhir dan yang paling penting adalah berdoa dan keyakinan kalau kamu pasti bisa dan semua orang udah punya rejekinya masing-masing, jadi enggak perlu sedih atau putus asa karena belum dapet pekerjaan yang sesuai.
Semoga bermanfaat ya tips nya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s